Kamis, 11 Maret 2010

e- commerce

E- Commerce

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini..

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

  1. Menyediakan harga kompetitif


2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.


3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.


4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.


5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.


6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.


7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

* E-mail dan Messaging


* Content Management Systems


* Dokumen, spreadsheet, database


* Akunting dan sistem keuangan


* Informasi pengiriman dan pemesanan


* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise


* Sistem pembayaran domestik dan internasional


* Newsgroup


* On-line Shopping


* Conferencing


* Online Banking

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.

Faktor Pendukung E-Commerce

  1. Cakupan yang luas

  2. Proses transaksi yang cepat

  3. E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.

  4. E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.

  5. E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat

Karakteristik E-Commerce

  • Terjadinya transaksi antar dua belah pihak

  • Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi

  • Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.

Masalah E-Commerce

  • Keaslian Data.

  • Keabsahan (validity).

  • Kerahasiaan (confidentiality/privacy).

  • Keberadaan barang (availability).

  • Pembuktian kecakapan para pihak.

  • Yurisdiksi.

PILAR-PILAR E-COMMERCE

Pilar orang terdiri dari pembeli, penjual, perantara, jasa, orang sistem informasi dan manajemen.

Pilar kebijakan publik meliputi pajak, hukum dan isu privasi, bebas bicara dan nama domain.

Pilar standar teknis mencakup dokumen, keamanan dan protikol jaringan dan sistem pembayaran.

Pilar organisasi adalah patner, pesaing, asosiasi dan pelayanan pemerintah.


INFRASTRUKTUR E-COMMERCE

Infrastruktur jasa bisnis umum terdiri dari keamanan kartu cerdas (otentikasi), pembayaran elektronik, direktori / katalog.

Infrastruktur distribusi informasi dan pesan meliputi EDI (electronic data interchange), e-mail, hypertext transfer protocol.

Infrastruktur publikasi jaringan dan kandungan multimedia mencakup HTML, Java, Flash, WWW, VRML, PHP, ASP dan sebagainya.

Infrastruktur Jaringan terdiri dari telekom, TV kabel, wireless, internet (VAN, WAN, LAN, Intranet, ekstranet).

PROSPEK E- COMMERCE DI INDONESIA

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.


Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.


Saya berpendapat bahwa E-commerce di Indonesia masih memiliki potensi untuk berkembang pesat. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, yakni :

* Akses internet semakin murah dan cepat, yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet

* Dukungan dari sektor perbankan yang menyediakan fasilitas internet banking maupun sms banking, yang akan mempercepat proses transaksi

* Biaya web hosting yang semakin murah

* Semakin mudah dan murahnya membangun situs E-commerce yang didukung dengan tersedianya berbagai software open source, seperti osCommerce, Magento, dll


Selain hal - hal yang disebutkan di atas, perkembangan E-commerce di Indonesia tentu harus didukung juga oleh adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan, credit card fraud, dan berbagai potensi kerugian lainnya. Dengan demikian konsumen dapat berbelanja online secara aman dan nyaman.



DAFTAR PUSTAKA


(http://r-marpaung.tripod.com/ElectronicCommerce.doc diakses tanggal 7 maret 2010).


indoshopguide.com diakses tanggal 7 maret 2010


Saputro, w hendra. “ Pengertian e commerce”, http://www.baliorange.web.id/pengertian-ecommerce/

1 komentar: